Tahja Center Implementasi Pengembangan UMKM
Koropak.co.id – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi sektor ekonomi yang tahan terhadap gejolak ekonomi. Bahkan, grafik pertumbuhannya terus menanjak seiring dengan semakin banyaknya tumbuh UMKM baru.
Demikian halnya dengan industri UMKM di Kota Tasikmalaya. Pertumbuhan dan perkembangannya kian signifikan. Terlebih, dalam visi misi Kota Tasikmalaya 2017-2022, salahsatu program Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam sektor ekonomi adalah menciptakan 5.000 wirausahawan baru yang merupakan implementasi dari program penumbuhan UMKM di Kota Tasikmalaya.
Selaras dengan visi misi tersebut, anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Ir Tjahja Wandawa menciptakan website untuk membantu UMKM dalam memasarkan usahanya secara gratis melalui website tjahjacenter.com.
“Awalnya saya ngobrol dengan para pelaku UMKM. Mereka masih melakukan pemasaran secara sederhana. Cenderung menunggu pembeli datang ke workshopnya. Hal itu menyebabkan prospek pemasarannya cenderung tidak stabil,” ujarnya.
Oleh sebab itu, Wakil Ketua DPD Partai NasDem Kota Tasikmalaya tersebut terpikirkan untuk membantu pemasaran produk dari para pelaku UMKM melalui internet seiring dengan prospek market online yang sangat luas.
“Dengan pemasaran online, usaha mereka semakin tumbuh, semakin dikenal. Mereka tetap dapat memasarkan sembari melayani konsumen yang datang ke workshopnya. Tentunya ini menjadi solusi untuk mempercepat pengembangan market industri UMKM,” tuturnya.
Dikatakan Tjahja, melalui website Tjahja Center, ke depan para pelaku UMKM tersebut akan menjadi bagian dari binaannya yang relevan dengan program kerja Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya. Untuk tahap awal, Tjahja menargetkan akan merangkul 30 UMKM, dan akan terus bertambah.
“Ke depan bakal ada pelatihan kolektif. Saya akan menghadirkan pembicara yang kompenten mengenai usaha untuk para pelaku UMKM. Rencananya setelah Pemilu Gubernur nanti,” tuturnya.
Melalui pelatihan dan pengembangan di Tjahja Center, pihaknya berharap para pelaku UMKM dapat memahami managemen usaha yang baik, pemasaran yang prospektif, serta tata kelola keuangan yang sistematis, dengan harapan usaha para pelaku UMKM dapat semakin maju dan kompetitif.*
Advertorial