Payung Geulis Tasikmalaya, Warisan Keanggunan yang Menyatu dengan Jiwa Kota Santri

Koropak.co.id, 10 September 2023 14:26:09
Penulis : Serla Fadila
Payung Geulis Tasikmalaya, Warisan Keanggunan yang Menyatu dengan Jiwa Kota Santri


Koropak.co.id - Memandang kota Tasikmalaya, kita akan menemui kisah-kisah budaya yang menggema keanggunan dan kekayaan tradisi. Salah satunya adalah Payung Geulis, warisan elegan yang menjadi ikon kebanggaan Kota Santri.

Bayangkan, ribuan warga Tasikmalaya bersemangat merayakan hari olahraga nasional dengan senam massal, tetapi bukan sembarang senam. Mereka melibatkan Payung Geulis, lambang keindahan budaya kota ini, dalam setiap gerakannya. 

Melalui gerakan-gerakan indah yang dikombinasikan dengan keunikkan Payung Geulis, masyarakat Tasikmalaya menunjukkan cinta dan kebanggaan yang mendalam terhadap warisan budaya mereka.

Payung Geulis tidak sekedar alat untuk melindungi dari panas atau hujan. Ini adalah simbol keanggunan, kisah cinta antara alam dan seni, hasil inspirasi Pangeran Raden Suria Kusumah. 

Membayangkan beliau, terpesona oleh keindahan alam Tasikmalaya, lalu menuangkannya dalam bentuk payung yang dilukis dengan corak alam yang menawan.



Baca: Kota Tasikmalaya Merayakan Haornas dengan Semarak Seni Payung Geulis


Setiap Payung Geulis, dengan kerangka bambunya yang ringan namun kokoh, dan hiasan kertas warna-warni yang menggambarkan alam, merupakan cerminan jiwa masyarakat Tasikmalaya. Mereka adalah perwujudan harmoni antara fungsi dan estetika, antara tradisi dan inovasi.

Apalagi, bagi masyarakat Tasikmalaya, memiliki Payung Geulis bukan hanya soal memiliki barang. Ini tentang menghargai sejarah, memahami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, dan merayakan warisan budaya yang telah menjadi bagian dari identitas mereka.

Sebagai masyarakat yang mencintai budaya, mari kita dukung dan hargai tradisi pembuatan Payung Geulis. Dengan begitu, kita tidak hanya melestarikan sebuah benda, tetapi juga memelihara sejarah, nilai, dan jiwa dari Kota Tasikmalaya. Payung Geulis bukan sekedar payung, ia adalah cerita, warisan, dan kebanggaan.


Silakan tonton berbagai video menarik di sini:


Komentar

Sinergitas Pemerintah dan Lembaga Pendidikan dalam Peresmian Gedung Madrasah Darussalam Internasional di Kaltim

Koropak.co.id, 27 September 2023 08:09:46

Eris Kuswara


Koropak.co.id - Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Sigit Wibowo menghadiri peresmian gedung fasilitas pendidikan Madrasah Darussalam Internasional, Selasa (26/9/2023). 

Acara ini menjadi sangat istimewa dengan kehadiran Gubernur Kaltim, Isran Noor, yang secara resmi akan meresmikannya di Jalan H.A.M Rifaddin, Kelurahan Harapan Baru, Loa Janan Ilir.

Momen bersejarah ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting daerah, termasuk Farid Wadjdy, mantan Wakil Gubernur Kaltim periode 2008-2013, Ketua MUI Muhammad Rasyid, Rektor Universitas Mulawarman (Unmul), Abdunnur, serta jajaran pimpinan dan pengurus Yayasan Madrasah Darussalam International Boarding School Samarinda (IBS). 

Mereka semua turut menyambut dengan hangat kedatangan Gubernur Kaltim, H Isran Noor saat momen peresmian fasilitas pendidikan tersebut. Gedung Madrasah Darussalam Internasional ini merupakan langkah penting dalam pengembangan pendidikan di Kaltim. 

Kehadiran para tokoh daerah dan pemimpin pendidikan seperti Rektor Unmul menunjukkan komitmen dalam mendukung upaya peningkatan pendidikan di wilayah ini. 

"Acara peresmian ini tentunya menjadi bukti konkret dari sinergi antara pemerintah daerah, tokoh masyarakat, dan lembaga pendidikan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik melalui pendidikan yang berkualitas," ujar Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo.



Baca: Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Soroti Polemik Beli Buku di Sekolah


Sementara itu, Gubernur Kaltim, H Isran Noor mengungkapkan bahwa pihaknya telah meresmikan 12 gedung dan bangunan fasilitas umum di Samarinda menjelang akhir masa jabatannya sebagai Gubernur Kaltim di akhir bulan September 2023 ini. Ia berharap bangunan tersebut bisa terpelihara dengan baik.

"Kami juga berharap semua gedung yang telah diresmikan dapat memberikan dampak yang besar terhadap masyarakat umumnya di Kaltim untuk kedepannya. Semua bangunan mulai dari, fasilitas rumah ibadah, sekolah, rumah sakit, inspektorat dan lainnya juga telah diresmikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ungkap Isran Noor.

Isran Noor menambahkan, karena dalam meningkatkan fasilitas umum untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, tentunya harus sesuai dengan proporsional pemerintah daerah. Tak hanya itu saja, pembangunan rumah ibadah bagi agama lain juga dilakukan agar keadilan dan pemerataan pembangunan tetap terjaga.

"Sebab pembangunan rumah ibadah sangat penting dilakukan dan diperhatikan, guna meningkatkan ketakwaan dan keimanan seluruh umat beragama. Semoga apa yang telah diresmikan bersama ini benar-benar memberikan kemajuan untuk daerah dan dampak yang besar terhadap masyarakat Kaltim," harapnya.

Selain Madrasah Darussalam Internasional, adapun 11 bangunan gedung dan fasilitas umum yang diresmikan Gubernur Kaltim, Isran Noor diantaranya, Rumah Sakit KORPRI Aji Muhammad Salehuddin II, Gedung Kadrie Oening Tower, Kadrie Oening Business Center, Kamar Operasi Hybrid Sakura RSUD AWS, dan Gedung Perkuliahan dan Serbaguna IKIP PGRI Kaltim.

Kemudian Gedung Asrama Tahfidz Usrah Mujaddidah Pondok Pesantren Hidayatullah, Masjid Baburrahmah, Gedung Kantor Inspektorat, Masjid Istiqlal di Kelurahan Loa Bakung, Masjid Al Hijrah, dan Masjid Nurul Ilmi.



Baca juga: Pemprov Kaltim Komitmen Wujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak


Peristiwa Bersejarah: Visi Transformasi Kota Tasikmalaya oleh Arif Hidayat Putra

Koropak.co.id, 25 September 2023 19:16:36

Serla Fadila


Koropak.co.id - Dalam sebuah peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 25 September di Hotel Grand Metro, Kota Tasikmalaya, Arif Hidayat Putra, Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Tasikmalaya, menyampaikan visi yang sangat inspiratif untuk periode 2023-2026.

Visi Arif Hidayat Putra mencakup tiga pilar utama yang dikenal sebagai "HIPMI Trinity" dengan dasar Triple A, yakni Akselerasi, Aksi, serta Adaptasi.

Disamping itu, Arif juga menggarisbawahi pentingnya infrastruktur dan fasilitas seperti Tasik Convention Centre dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan sektor UMKM. 

Dia juga mencatat kesiapan Kota Tasikmalaya dalam menghadapi proyek Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) dan aktifnya Bandara Wiriadinata. 



Baca: Sejarah HIPMI Kota Tasik Dapat Wujudkan Episentrum Ekonomi Priangan Timur


Semua ini menciptakan peluang bagi UMKM, industri kreatif, kerajinan, dan kuliner untuk menjadikan Kota Tasikmalaya sebagai destinasi menarik bagi investor dan pengunjung.

Visi dan semangat Arif Hidayat Putra sebagai Ketua HIPMI Kota Tasikmalaya menjadi sumber inspirasi bagi pengusaha dan masyarakat setempat. 

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah, juga mendukung semangat kolaborasi dan upaya bersama untuk memajukan Kota Tasikmalaya, termasuk dengan menyediakan portal investasi. 

Semua ini menandai awal dari perjalanan yang penuh harapan menuju masa depan yang cerah bagi Kota Tasikmalaya dan ekonomi UMKM di wilayah tersebut.



Baca juga: Jejak Sejarah Program Trinity HIPMI Kota Tasikmalaya


Jejak Sejarah Program Trinity HIPMI Kota Tasikmalaya

Koropak.co.id, 25 September 2023 19:01:03

Serla Fadila


Koropak.co.id - Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, memiliki visi yang ambisius terkait Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Tasikmalaya. 

Baginya, HIPMI memiliki potensi besar untuk menjadikan Kota Tasikmalaya sebagai pusat ekonomi yang gemilang di Priangan Timur. 

Cheka mengakui prestasi luar biasa pengusaha muda dalam HIPMI, yang meskipun usianya muda, mereka telah menunjukkan komitmen dan ketekunan dalam usaha.

Pencapaian-pencapaian ini memberikan keyakinan kepada Cheka bahwa HIPMI Kota Tasikmalaya memiliki potensi besar untuk mencapai prestasi lebih besar di masa depan. 

Salah satu impian besar mereka adalah memperkuat posisi Kota Tasikmalaya sebagai episentrum ekonomi di wilayah Priangan Timur. Meskipun tidak mudah, Cheka percaya bahwa dengan semangat, kolaborasi, dan kerja keras, impian ini dapat terwujud.



Baca: Sejuta Harapan untuk Ketua Umum BPC HIPMI Kota Tasik Periode 2023-2026


HIPMI di Kota Tasikmalaya telah mengambil langkah-langkah penting, seperti pelantikan kepengurusan periode 2023-2026 yang dipimpin oleh Surya Batara, Ketua BPC HIPMI Jawa Barat. 

Komposisi kepengurusan baru termasuk Arif Hidayat Putra sebagai Ketua, M. Indra Herlambang sebagai Bendahara Umum, dan Anton Darmawan sebagai Sekretaris Umum. Mereka juga meresmikan 12 bidang dalam HIPMI Kota Tasikmalaya untuk merealisasikan visi dan program HIPMI.

Visi dan program unggulan HIPMI, dikenal sebagai "Trinity," berfokus pada konsep Triple A, yaitu Akselerasi pertumbuhan pengusaha muda, pembentukan Satuan Tugas (Satgas) UMKM, dan menciptakan lingkungan investasi yang kondusif melalui Satgas Investasi. 

HIPMI Kota Tasikmalaya berkomitmen untuk menjadi motor penggerak ekonomi di kota ini, dan mereka yakin bahwa dengan kolaborasi dan komitmen para pengusaha muda, Kota Tasikmalaya dapat menjadi episentrum ekonomi yang cemerlang di Priangan Timur. Mereka siap bekerja keras untuk mewujudkan mimpi tersebut.



Baca juga: Dari Rakernas ke Realitas, HIPMI ke-XVIII dan Transformasi Pengusaha Muda Tasikmalaya


Sejarah HIPMI Kota Tasik Dapat Wujudkan Episentrum Ekonomi Priangan Timur

Koropak.co.id, 25 September 2023 18:14:58

Serla Fadila


Koropak.co.id - Acara pelantikan BPC HIPMI Kota Tasikmalaya yang berlangsung dengan semangat berkobar-kobar pada tanggal 25 September 2023, menjadi pertanda bahwa HIPMI Kota Tasikmmalaya telah memasuki periode 2023-2026. 

Mengusung tema besar "Merajut Mimpi bersama HIPMI Perkuat Peradaban melalui Ekonomi." Acara tersebut mencerminkan tekad kuat para pengusaha muda dalam HIPMI Kota Tasikmalaya untuk tidak hanya mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis tetapi juga berperan aktif dalam memajukan peradaban ekonomi di Priangan Timur.

Sang Ketua Umum Arif Hidayat Putra, menyampaikan visi dan program unggulan yang telah dirancang bersama timnya. Dalam pidatonya, Arif menjelaskan tiga konsep utama yang akan menjadi fokus HIPMI Kota Tasikmalaya dalam periode ini.

Konsep pertama adalah Akselerasi, dimana HIPMI berkomitmen untuk menjadi jembatan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin tumbuh lebih cepat. 

Mereka akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) UMKM yang akan memberikan dukungan, bimbingan, dan akses kepada pengusaha muda sehingga mereka dapat meraih potensi maksimal dalam dunia bisnis.



Baca: Jadi Satu-satunya Caketum BPC HIPMI Kota Tasik, Ini Visi-Misi Arif Hidayat Putra, S.E.


Kemudian ada Aksi, HIPMI akan mendirikan Satgas Investasi dengan tujuan menciptakan infrastruktur yang kuat dan lingkungan investasi yang kondusif. Rencana pembangunan tol di Kota Tasikmalaya menjadi bagian penting dalam upaya ini untuk menarik investor dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dan yang terakhir Adaptasi, HIPMI akan berkolaborasi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengidentifikasi masalah dalam bisnis dan mencari solusi yang efektif. Mereka ingin tetap kompetitif dan relevan dalam dunia bisnis yang terus berubah.

Pengambilan sumpah dan pelantikan kepengurusan HIPMI Kota Tasikmalaya dipimpin oleh Ketua BPC HIPMI Jawa Barat, Surya Batara, dengan Arif Hidayat Putra sebagai Ketua, M. Indra Herlambang sebagai Bendahara Umum, dan Anton Darmawan sebagai Sekretaris Umum. 

Dengan semangat dan komitmen yang kuat, HIPMI Kota Tasikmalaya bertekad menjadi motor penggerak ekonomi yang memajukan kota mereka dan mendorong pertumbuhan usaha anggotanya, berpotensi menjadikan Kota Tasikmalaya episentrum ekonomi yang berkilau di Priangan Timur.



Baca juga: Sejuta Harapan untuk Ketua Umum BPC HIPMI Kota Tasik Periode 2023-2026


Dalam Kongres PWI XXV, Presiden Jokowi Ajak Insan Pers Pegang Teguh Kode Etik Jurnalistik

Koropak.co.id, 26 September 2023 09:02:21

Serla Fadila


Koropak.co.id - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), membuka Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Istana Negara, Jakarta, pada 25 September 2023. 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menggarisbawahi pentingnya memegang teguh kode etik jurnalistik bagi seluruh insan pers di Indonesia. Ia menganggap bahwa kode etik jurnalistik merupakan nilai tambah dari media dan pers, yang membedakan mereka dari citizen journalism.

Presiden juga memberikan peringatan kepada insan pers agar tidak terpancing oleh berita yang viral dan hoaks. 

Ia menegaskan bahwa persaingan seharusnya tidak hanya didasarkan pada seberapa viral atau sensasional suatu berita, tetapi harus lebih berfokus pada memberikan berita yang benar, autentik, berkualitas, dan berimbang.

Selain itu, Presiden Jokowi meminta PWI, sebagai organisasi wartawan tertua dan terbesar di Indonesia, untuk menjaga profesionalisme dalam memberikan informasi kepada masyarakat. 



Baca: Profesionalisme Wartawan Ditegakkan di Kongres PWI ke-XXV dengan Pesan dari Presiden Jokowi


Dirinya mencatat bahwa berita yang baik bukanlah berita yang sekadar viral, karena berita semacam itu dapat memicu penyebaran hoaks yang masih ada hingga saat ini di dunia digital.

Presiden juga memberikan apresiasi kepada insan pers Indonesia yang selama ini kritis dan cermat dalam memberi masukan dan kritik kepada pemerintah. Ia menganggap kritik dan masukan dari insan pers sebagai energi tambahan bagi pemerintah, terutama menjelang tahun politik.

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Umum PWI Atal S. Depari, dan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu. 

Presiden Jokowi mengakhiri sambutannya dengan menegaskan pentingnya menjaga kualitas pemberitaan demi kebaikan masyarakat.



Baca juga: Hari Pers Nasional dan Kelahiran PWI


Langkah Bersejarah dalam Politik Indonesia, Kaesang Pangarep Terpilih Sebagai Ketua Umum PSI

Koropak.co.id, 26 September 2023 07:38:16

Serla Fadila


Koropak.co.id - Pada tanggal 25 September 2023, sejarah politik Indonesia mencatat peristiwa penting dengan resmi terpilihnya Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini secara resmi mengambil alih posisi ketua umum dari Giring Ganesha Djumaryo, dalam acara yang disebut sebagai Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) di Djakarta Theater, Jakarta.

Acara pengangkatannya menjadi Ketua Umum PSI periode 2023-2028 adalah momen bersejarah dalam perjalanan politiknya. Keputusan ini diumumkan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, pada malam 25 September 2023.

Dalam pidato pertamanya setelah terpilih, Kaesang Pangarep menjelaskan alasan mendalam yang mendorongnya untuk terjun ke dalam dunia politik. Dia menyadari bahwa politik seringkali dipandang dengan pesimisme dan sikap sinis, terutama karena citra negatif yang melekat padanya.

Kaesang mengungkapkan bahwa politik sering diasosiasikan dengan pertengkaran, fitnah, hoaks, korupsi, dan praktik money politic. Namun, dengan memasuki dunia politik, Kaesang Pangarep berkomitmen untuk mengubah persepsi ini dan membawa perubahan positif.



Baca: Sejarah Kaesang Pangarep Jadi Ketua Umum PSI dalam Dua Hari


Pengangkatan Kaesang sebagai Ketua Umum PSI menandai perjalanan politiknya yang menarik dan menjadi sorotan publik. Sebagai putra Presiden Jokowi, langkahnya ini juga menarik perhatian karena menciptakan dinamika baru dalam politik Indonesia. 

Kaesang akan mengemban tugas besar untuk memimpin PSI dan membawa partai tersebut menuju masa depan yang lebih baik.

Peristiwa ini juga mencerminkan bagaimana politik Indonesia terus berkembang dan melibatkan generasi muda yang memiliki semangat untuk berkontribusi dalam perubahan sosial dan politik. 

Sejarah politik Indonesia terus bergerak maju, dan dengan kepemimpinan Kaesang Pangarep, PSI memiliki potensi untuk memainkan peran yang semakin signifikan dalam politik Indonesia.

Selamat kepada Kaesang Pangarep atas terpilihnya sebagai Ketua Umum PSI. Semoga kepemimpinannya membawa berkah dan membantu membangun masa depan yang lebih baik untuk negeri ini.



Baca juga: 23 Mei 1920, Sejarah Berdirinya Partai Komunis Indonesia


Profesionalisme Wartawan Ditegakkan di Kongres PWI ke-XXV dengan Pesan dari Presiden Jokowi

Koropak.co.id, 26 September 2023 08:33:31

Serla Fadila


Koropak.co.id - Pada tanggal 25 September 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Kongres Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-XXV yang diadakan di Istana Negara Jakarta. 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengajak insan pers Indonesia untuk memegang teguh kode etik jurnalistik. Ia menganggap bahwa kode etik jurnalistik adalah nilai tambah dari media dan pers, yang membedakan mereka dari citizen journalism.

Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya menjauh dari viralitas dan hoaks dalam pembuatan berita yang baik. Meskipun industri media menghadapi berbagai tantangan dalam era digital, Presiden menegaskan bahwa kode etik jurnalistik harus tetap dipegang teguh.

Ia mengapresiasi kritik dan masukan yang diberikan oleh insan pers kepada pemerintah, melihatnya sebagai tambahan kekuatan bagi pemerintah. 



Baca: Hari Pers Nasional dan Kelahiran PWI


Presiden juga meminta PWI, sebagai organisasi wartawan tertua dan terbesar di Indonesia, untuk menjaga profesionalisme insan pers. Hal ini penting agar masyarakat dapat menerima pemberitaan yang benar, autentik, berkualitas, dan berimbang.

Presiden Jokowi menekankan bahwa berita yang baik bukanlah berita yang hanya menjadi viral atau sensasional, karena hal tersebut dapat memicu penyebaran hoaks yang masih menjadi masalah di dunia digital. 

Kongres PWI ke-XXV ini menjadi momen penting dalam memperkuat peran dan integritas wartawan di Indonesia.



Baca juga: Zulmansyah Diusung sebagai Calon Ketua Umum PWI Pusat oleh PWI Tanah Datar


Sejarah Kaesang Pangarep Jadi Ketua Umum PSI dalam Dua Hari

Koropak.co.id, 26 September 2023 07:11:25

Serla Fadila


Koropak.co.id - Pada tanggal 25 September 2023, terjadi peristiwa bersejarah dalam Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Ketika Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, secara mengejutkan didaulat menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI hanya dua hari setelah bergabung dengan partai tersebut.

Pengumuman penunjukan Kaesang sebagai Ketua Umum DPP PSI dilakukan dalam acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) di Djakarta Theater, Jakarta Pusat. 

Surat Keputusan Dewan Pembina PSI yang mengukuhkan Kaesang sebagai Ketua Umum DPP PSI periode 2023-2028 dibacakan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie. Grace Natalie sendiri adalah Ketua Umum DPP PSI pertama.



Baca: Dekatkan Diri ke Hati Rakyat, Desy Ratnasari Hadiri HUT PAN Bekasi


Sebagai simbol transisi kepemimpinan, Grace Natalie memberikan seikat bunga kepada Ketua Umum PSI sebelumnya, Giring Ganesha Jumaryo, yang kemudian memberikan bunga tersebut kepada Kaesang.

Perpindahan kepemimpinan juga melibatkan beberapa tokoh penting dalam PSI. Giring Ganesha menjadi anggota Dewan Pembina PSI, Isyana Bagoes Oka menempati posisi yang sama, dan Raja Juli Antoni kembali ke posisi Sekjen PSI periode 2023-2028.

Kaesang mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang memberinya kepercayaan untuk memimpin PSI. Dia merasa terhormat dan siap menjalankan tugasnya sebagai Ketua Umum PSI, menyebut dirinya sebagai "nakhoda utama PSI."

Penunjukan Kaesang sebagai Ketua Umum DPP PSI menjadi sorotan karena kecepatan pengangkatannya setelah bergabung dengan partai tersebut, menciptakan babak baru dalam sejarah partai politik di Indonesia.



Baca juga: Ramaikan Politik Pilpres 2024, PKS Menyatakan Visi dan Misi di Konferensi Pers


Ketika World Cleanup Day Berubah Jadi Hari Ketegangan: Kisah Klarifikasi yang Salah Terima

Koropak.co.id, 25 September 2023 16:09:06

Serla Fadila


Koropak.co.id - Hari yang seharusnya diwarnai oleh semangat bersama dalam Peringatan World Cleanup Day 2023, tempat wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya menjadi saksi dari suatu insiden yang akan dikenang dalam waktu yang lama. 

Hari itu, Senin, 25 September 2023, akan selalu teringat sebagai momen ketegangan antara Komunitas Pecinta Lingkungan dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tasikmalaya, Deni Diyana.

Semuanya dimulai dengan sebuah pesan WhatsApp yang dihantarkan oleh nomor telepon yang diduga milik Kadis LH Kota Tasikmalaya, Deni Diyana. Pesan tersebut berbunyi, "Mana aing ciwulan teh diajak beberesih mah areuweuh hah !," dan pesan ini menjadi pangkal dari segala permasalahan yang muncul.

Saat komunitas pecinta alam yang menerima pesan tersebut mencoba mencari klarifikasi di lokasi peringatan World Cleanup Day 2023 di Situ Gede, mereka dihadapi dengan respons yang sangat berbeda dari yang diharapkan. 

Deni Diyana merespons dengan kata-kata kasar, menciptakan atmosfer yang semakin panas dan mendebarkan. Adu mulut terjadi, dan keributan tersebut segera menjadi tontonan bagi masyarakat sekitar.

Salah satu anggota komunitas yang menerima pesan tersebut, Harniawan Obech, mencoba mencari klarifikasi dari Deni. Namun, ia hanya mendapatkan balasan yang lebih dari yang diharapkannya, bahkan dihiasi dengan kata-kata kasar.

Dalam situasi seperti ini, pentingnya pengendalian diri, terutama bagi seorang pejabat, menjadi sangat terlihat. Respons emosional bisa memicu pertentangan yang lebih besar dan mengganggu ketenangan. Saat suasana semakin memanas, terjadi saling dorong dan ketegangan mencapai puncaknya. Kejadian ini memantik reaksi publik yang begitu intens.

Namun, insiden ini tidak berlangsung lama. Deni Diyana memutuskan untuk meninggalkan lokasi Situ Gede, meninggalkan banyak pertanyaan belum terjawab.

Harniawan Obech, salah satu anggota komunitas pencinta lingkungan yang menjadi penerima pesan tersebut, menjelaskan niat baik mereka saat ingin mempertanyakan pesan tersebut. Waktu menerima pesan WhatsApp tersebut adalah pukul 17.32 WIB.


Baca: 150 Negara Rayakan World Clean Up Day

Isi pesan tersebut, dengan frase "Mana aing ciwulan teh diajak bebersih mah arareuweuh hah !," menimbulkan kebingungan dalam konteksnya yang tidak jelas apakah bersifat pribadi atau tidak.

Obech mencoba membalas pesan tersebut dengan ramah, "maaf ini dengan siapa. Maksudna kumaha," tetapi tidak mendapat balasan. Akhirnya, mereka berinisiatif untuk menghubungi melalui WhatsApp dan GSM, tetapi tetap tidak ada jawaban yang memuaskan.

Setelah mencari tahu lebih lanjut, mereka menemukan bahwa nomor tersebut memang milik Kadis LH Kota Tasikmalaya. Namun, hingga saat ini, belum ada penyelesaian terkait pesan tersebut yang dikirimkan lewat nomor tersebut.

Obech menekankan bahwa seorang pejabat harus mampu mengendalikan emosinya, terutama dalam situasi yang sensitif. Baginya, kata-kata kasar yang terucap tidak mencerminkan perilaku seorang pejabat yang seharusnya memberikan contoh yang baik.

Di sisi lain, Deni Diyana mengakui bahwa nomor tersebut adalah miliknya, meskipun ia tidak mengetahui siapa yang mengirim pesan tersebut. Dia menjelaskan bahwa saat pesan itu terkirim, dia sedang sibuk mempersiapkan acara World Cleanup Day di Situ Gede. Ketika mencoba menelepon nomor tersebut, ia baru menyadari permasalahan ini setelah mendapat laporan dari rekannya.

Deni juga mengakui bahwa ketidakhati-hatiannya dalam menjaga barang bawaannya berkontribusi pada insiden ini. Dia menyadari bahwa kehilangan hp yang seharusnya dianggap sepele bisa memiliki dampak besar. Dalam akhirnya, ia meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat responsnya yang kurang tepat.

Kisah ini adalah pengingat bagi kita semua tentang pentingnya berkomunikasi dengan bijak, terutama dalam situasi yang menuntut pengendalian diri. Insiden ini mengingatkan kita untuk senantiasa menjaga etika dan tata krama, terutama ketika bekerja sama dalam upaya menjaga lingkungan dan planet kita. 

Semoga pengalaman ini dapat menjadi titik balik untuk merajut kembali semangat kerjasama dan tujuan yang sebenarnya dari Peringatan World Cleanup Day.


Baca juga: World Cleanup Day 2020 Serentak Dilaksanakan di 187 Negara


Wacana Prabowo-Ganjar Menguat, Bagaimana Reaksi PDIP, Golkar, dan Gerindra?

Koropak.co.id, 25 September 2023 13:08:50

Serla Fadila


Koropak.co.id - Peta politik Indonesia semakin menggeliat menjelang Pilpres 2024, dan perubahan-perubahan dinamis terus mengalir. Kejutan-kejutan muncul, dan rakyat dengan penuh antisipasi menantikan perkembangan selanjutnya.

Salah satu perkembangan terbaru yang mencuat adalah wacana kembali menggandeng Capres Ganjar dari PDIP dan Prabowo dari Gerindra. Wacana ini sebenarnya telah terdengar beberapa waktu lalu, dan berbagai pihak termasuk Projo Bali turut berbicara mengenainya.

Bagi pendukung Ganjar maupun Prabowo, wacana ini mungkin menjadi berita yang menggembirakan. Namun, hampir pasti, ini akan menjadi berita yang kurang menguntungkan bagi poros Capres dan Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Ganjar Pranowo sendiri tidak secara tegas membantah isu ini. Meskipun begitu, ia juga tidak memberikan konfirmasi yang pasti. "Dalam politik, sebelum ditetapkan oleh KPU, segala kemungkinan bisa terjadi," katanya, seperti yang dikutip dari laman Instagram resmi PinterPolitik pada Minggu (24/9/2024).

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani juga masih merahasiakan reaksi partainya terhadap isu ini. "Kita akan melihat bagaimana dinamikanya selama satu bulan ini," ujarnya.



Baca: Perjumpaan Sejarah, Prabowo dan Megawati Akan Bertemu Bahas Pilpres 2024


Di sisi lain, Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono dengan tegas membantah isu tersebut. Menurutnya, partainya masih kuat berpegang pada pencalonan Ketum DPP Partai Golkar dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Cawapres. 

"Golkar tetap berkomitmen untuk mencalonkan Prabowo sebagai Capres dan Pak Airlangga sebagai Cawapresnya," tegasnya.

Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa partainya masih mempertimbangkan situasi untuk menetapkan Cawapres bagi Prabowo. "Kami memberikan ruang sebesar-besarnya untuk mencapai kesepakatan bersama-sama. Tetapi untuk Capres, itu sudah selesai," jelasnya.

Isu mengenai Pilpres 2024 yang semakin mengemuka dan terfokus pada dua poros ini semakin ramai. Ada yang mengatakan bahwa Prabowo-Ganjar akan bersaing dengan Anies-Cak Imin, sementara yang lain spekulasi bahwa Anies-Cak Imin akan bergabung dengan Prabowo atau Ganjar.



Baca juga: Ketika Sejarah Berbicara, LKPI dan Survei Elektabilitas Capres yang Mengguncang Nusantara


Perjumpaan Sejarah, Prabowo dan Megawati Akan Bertemu Bahas Pilpres 2024

Koropak.co.id, 25 September 2023 12:15:33

Serla Fadila


Koropak.co.id - Gelombang diskusi mengenai kemungkinan tiket Prabowo-Ganjar untuk Pilpres 2024 terus bergulir. Bahkan, dalam waktu dekat, rencana pertemuan antara Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, dan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, sedang dalam persiapan.

Pendukung dari berbagai pihak, termasuk Bacapres dari PDIP, Ganjar Pranowo, memberikan dukungan kuat terhadap wacana pertemuan ini. Baginya, pertemuan ini memiliki arti penting dalam mencegah pembelahan masyarakat.

"Ya, mari semua pemimpin bertemu. Pertemuan intensif adalah hal yang baik, sehingga masyarakat tidak merasa terpecah-belah atau curiga," kata Ganjar Pranowo di Sudirman, Jakarta, pada Minggu (24/9/2024).

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mendukung komunikasi intensif antara pemimpin-pemimpin negara. Baginya, hal ini akan membawa kedamaian di tengah masyarakat.

"Kepemimpinan yang aktif berkomunikasi secara terus-menerus akan membantu menjaga ketenangan di tengah masyarakat," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, mengakui bahwa peluang Ganjar Pranowo berpasangan dengan Prabowo Subianto terbuka lebar. Menurutnya, wacana ini masih sangat mungkin terjadi.

"Apakah ada kemungkinan? Ya, mungkin saja. Politik selalu memberikan peluang untuk berkomunikasi dan berjumpa dengan sesama warga negara," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Kamis (21/9/2023).



Baca: Refleksi dari Pertemuan Yenny Wahid dan Prabowo Subianto


Puan menekankan bahwa kemungkinan Ganjar berpasangan dengan Prabowo bisa terwujud jika ada kesepakatan yang bertujuan untuk kebaikan bangsa dan negara.

"Kami akan mencapai kesepakatan mengenai hal-hal yang terbaik bagi bangsa dan negara. Itulah yang menjadi tujuan kami," kata Ketua DPR RI ini.

Namun, Puan belum memberikan jawaban pasti apakah PDIP akan mendukung Ganjar sebagai calon wakil presiden. Menurutnya, setiap partai akan melakukan kalkulasi matang.

"Kita akan melihat bagaimana dinamikanya selama satu bulan ini. Apakah kemudian bisa terwujud atau tidak, setiap partai memiliki pertimbangannya sendiri," ungkapnya.

Puan mengungkapkan bahwa komunikasi informal dengan Gerindra dan partai pendukung Prabowo terus berlangsung. Di DPR, Puan memiliki hubungan dekat dengan Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, dan Sekjen Golkar, Lodewijk F Paulus, karena mereka semua adalah pimpinan DPR.

Selain itu, Puan juga mengindikasikan bahwa pertemuan antara Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto bisa terjadi. Ia mengatakan bahwa ia sering berkomunikasi dengan Prabowo.

"Semuanya bisa terjadi. Saya sering bertemu Mas Prabowo, bahkan baru-baru ini kami bertemu dalam acara NU," tutupnya.



Baca juga: Langkah Strategis Partai Demokrat di Perhelatan Pilpres 2024: Menyongsong Era Prabowo Subianto


Perjalanan Seni dan Karya Spektakuler dalam Publikasi Terbaru dari Museum MACAN dan Ikon Gallery

Koropak.co.id, 24 September 2023 08:45:47

Serla Fadila


Koropak.co.id - Museum MACAN dan Ikon Gallery dengan bangga mempersembahkan publikasi istimewa mengenai salah satu perupa terkemuka Indonesia, Melati Suryodarmo. 

Buku ini merupakan hasil kolaborasi antara Museum MACAN dan Ikon Gallery di Birmingham, Inggris Raya, dan merupakan karya seni dalam bentuk buku dengan sampul tebal yang indah, terdiri dari 220 halaman. Publikasi ini adalah sebuah arsip komprehensif yang memahami secara mendalam karya-karya Melati Suryodarmo selama dua dekade terakhir.

Fokus utama dari publikasi ini adalah karya-karya pertunjukan utama sang seniman, yang mencatat momen penting dari dua pameran besar yang diadakan oleh Museum MACAN dan Ikon Gallery di Jakarta dan Birmingham pada tahun 2020 dan 2023.

Dalam buku yang berjudul "Melati Suryodarmo," Anda akan menemukan kisah mendalam tentang praktik seni Melati, yang dieksplorasi oleh tiga kurator terkemuka, yakni Alia Swastika, Philippe Pirotte, dan Asep Topan. 

Selain itu, buku ini juga menawarkan wawancara eksklusif antara Melati Suryodarmo dan Melanie Pocock, Direktur Artistik Pameran di Ikon Gallery. Seluruh publikasi ini tersedia dalam dua bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Buku ini tidak hanya merupakan sebuah karya seni, tetapi juga merupakan kontribusi berharga untuk pengetahuan dan penelitian seni kontemporer di Indonesia. 



Baca: Perjalanan Seni dan Karya Spektakuler dalam Publikasi Terbaru dari Museum MACAN dan Ikon Gallery


Ini memberikan pandangan mendalam tentang salah satu seniman Indonesia yang paling berpengaruh dan juga mengungkap perkembangan seni rupa Indonesia dari sudut pandang yang unik.

Anda dapat menemukan buku "Melati Suryodarmo" ini di shopatMACAN, baik dalam format fisik maupun daring, sehingga para pecinta seni dapat dengan mudah menikmati karya-karya Melati Suryodarmo. Harganya adalah Rp380,000,00.

Melati Suryodarmo, seorang perupa visual dan performans yang diakui secara internasional, telah menciptakan karya-karya yang mencakup beragam medium seni, mulai dari instalasi, fotografi, film, hingga performans. 

Ia juga telah menjelajahi konsep-konsep seputar rumah, spiritualitas, keluarga, dan sejarah pribadi, yang berakar dari budaya Indonesia serta gagasan-gagasan sosial-politik, aktivisme, dan feminisme.

Karya-karya Melati telah dipamerkan di berbagai festival dan pameran seni internasional, dan ia juga aktif sebagai guru, kurator, dan organisator seni. 

Selain itu, ia telah mendirikan Studio Plesungan, sebuah ruang seni di pinggiran kota di Jawa, yang menjalankan program residensi, lokakarya, dan performans publik, melibatkan masyarakat, budaya tradisional, dan lingkungan.



Baca juga: Enam Koleksi Museum Jakarta Resmi Jadi Benda Cagar Budaya