Tercepat Di Eranya Dahulu
Koropak.co.id – Urusan balapan tidaklah selalu tentang adu kecepatan. Selalu ada sisi unik yang bisa diangkat. termasuk halnya urusan mobil balap. Pada hakekatnya, mobil balap bukanlah kendaraan biasa, namun mahakarya yang dirancang untuk melakukan hanya satu hal, yaitu untuk menang.
Kinerja mereka dimaksimalkan melalui perkembangan teknologi dan puluhan tahun pengalaman dalam riset. Kalibrasi dilakukan sedekimian detil untuk memastikan gabungan dari berbagai bagian mereka untuk mencapai kesempurnaan.
Penilaian mobil balap tidak selalu berdasarkan mahalnya harga tunggangan para joki tersebut, namun juga turut menilai berdasarkan bentuk, konsep, keindahan, dan kejayaan mobil tersebut dalam dunia balap atau dari jumlah terbanyak memenangkan kejuaraan di seluruh dunia. Berikut adalah 6 mobil balap legendaris terbaik sepanjang masa.
1. Jaguar D-Type (1954)
Jaguar unik D-Type dibuat hanya untuk keperluan balap. Hal ini didukung oleh 6 transmisi. Jaguar D-Type adalah mobil yang pertama kali memperkenalkan aerodinamika berdasarkan gaya pesawat untuk mobil rancangan balapan.
2. Ferrari 250 Testa Rossa (1957)
Ferrari 250 Testa Rossa merupakan salah satu mobil balap paling menakjubkan di antara daftar Ferrari. Hanya 22 unit yang dibuat antara tahun 1957 dan 1958. Dalam pembuatannya, 1 unit Ferrari 250 Testa Rossa menelan biaya total 5 juta dolar.
3. Shelby Daytona Coupe (1965)
Mobil ini diciptakan hanya untuk keperluan balap mobil. Antara tahun 1964 dan 1965 hanya enam mobil yang diproduksi.
4. Ferrari 330 P3 (1966)
Ferrari 330 P3 dianggap sebagai mobil Ferrari yang paling indah yang pernah dibuat. Ferrari 330 P3 juga menjadi tonggak sejarah penggunaan teknologi injeksi bahan bakar dalam mobil balap Ferrari.
5. Ford GT40 MK II (1968)
Di balapan LeMans hanya melihat satu mobil dalam sejarah yang diuji kehebatannya selama 2 kali. Ford GT40 MK II adalah kuda emas yang diciptakan untuk mencetak kemenangan pada tahun 1968 dan 1969.
6. Dodge Daytona (1969)
Dodge Charger Daytona dianggap menjadi mobil balap “pembawa model” mobil jenis kokpit belakang pada tahun 1969. Mobil ini memiliki kecepatan maksimal 205 mph dan 1200 pon gaya turun di depan dan 600 pon gaya turun di belakang.*