KOROPAK.CO.ID – TASIKMALAYA – Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan kemudahan akses layanan publik, Pemerintah Kota Tasikmalaya sedang mengembangkan aplikasi pelayanan berbasis kelurahan bernama Kelurahan On Mobile atau Smart Kelom.
Aplikasi ini akan memungkinkan warga mengakses berbagai layanan dan informasi langsung dari perangkat seluler mereka, sebagai bagian dari transformasi digital di Tasikmalaya.
Pada Kamis, 7 November 2024, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tasikmalaya menggelar bimbingan teknis bagi pegawai kelurahan sebagai persiapan peluncuran aplikasi ini.
Dalam pembukaan acara yang berlangsung di Laboratorium Komputer BKPSDM, H Hanafi, Kepala Diskominfo Kota Tasikmalaya, menyampaikan bahwa platform ini bertujuan untuk mengintegrasikan sistem di setiap kelurahan, memperkuat konektivitas layanan, dan mempercepat respons terhadap kebutuhan warga.
“Dalam bimbingan ini, kami mengundang para lurah agar memahami dan siap menggunakan aplikasi Smart Kelom dengan optimal,” ungkap Hanafi.
Baca: Kota Tasikmalaya Raih Penghargaan Pelaporan HAM Tercepat 2024
Ia menjelaskan bahwa bimbingan ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan pegawai kelurahan tentang fitur-fitur aplikasi, sekaligus untuk memperkuat pelayanan berbasis digital dalam penyampaian informasi publik.
Amrah Saefullah, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo, menambahkan bahwa para lurah merupakan pengguna utama aplikasi ini.
“Dalam sesi pelatihan ini, peserta juga memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait pengoperasian aplikasi serta memperoleh panduan teknis langsung dari narasumber,” ujar Amrah.
Dengan hadirnya Smart Kelom, Pemkot Tasikmalaya berharap pelayanan publik di tingkat kelurahan dapat semakin efektif, cepat, dan memenuhi harapan masyarakat.