Actadiurna

Kiat Cerdas Desain Etalase Usaha

×

Kiat Cerdas Desain Etalase Usaha

Sebarkan artikel ini

Percantik Usaha Rumahan dengan Menarik

Koropak.co.id – Di era modern seperti sekarang, membuka usaha rumahan pun semakin banyak diminati oleh masyarakat. Alasan yang melatarbelakangi seseorang dalam membuat usaha rumahan ini karena waktu kerja menjadi fleksibel, bidang kerja sesuai dengan hobi, serta prospek yang cukup baik.

Sementara itu, masalah budaya dan gaya hidup yang terus berkembang pun seolah-olah mempermudah terbukanya peluang-peluang baru untuk masuk ke pasar produk konsumtif. Dalam membuat sebuah usaha rumahan, pentingnya desain citra dan personal branding semakin disadari oleh seseorang sebagai bahan eksistensi dan kemajuan usaha, baik bagi pengusaha besar maupun pengusaha kecil. Salah satu hal yang terpenting yang bisa ditampilkan dalam desain bidang usaha adalah etalase.

Sebagaimana dikutip dari Majalah Smart Living Vol.3/2008 halaman 16-17, penempatan etalase sangat perlu untuk dicermati, khususnya pada usaha berbasis rumahan yang tentunya memiliki tantangan usaha lebih besar dibandingkan dengan usaha lain. Berikut tips cerdas dalam desain etalase yang akan Koropak bagikan.

Kiat Cerdas Desain Etalase Usaha1. Mengekspos lokasi
Etalase dapat lebih mudah dikenali, salah satu contohnya dalam deretan manekin yang memperagakan produk fashion. Namun perlu Anda ketahui sebenarnya tidak hanya produk fashion saja yang bisa ditampilkan ke dalam etalase, produk jasa pun bisa ditampilkan melalui penambahan foto dan poster dalam jumlah yang cukup dominan ditambah dengan kualitas yang memadai juga dapat digunakan sebagai ajang promosi bagi usaha di rumah.

Untuk usaha jasa dan barang apabila Anda tidak menyediakan stok barang jadi, maka usaha tersebut dapat dibentuk dengan mengekspos aktivitasnya. Contohnya aktivitas fisik seperti memasak untuk usaha restoran, menjahit untuk usaha garmen, melukis untuk usaha galeri, serta aktivitas ruang tunggu, jual-beli, dan konsultasi.

2. Kemasan yang refresentatif
Hal yang menjadi inti dari penampilan etalase tersebut adalah mengekspos lokasi usaha, sehingga dengan melakukan inovasi pada etalase usaha juga dapat menarik perhatian pengunjung. Untuk ruangan usaha berukuran kecil, penempatan etalase harus direncanakan lebih cermat. Apabila ruangan kerja tidak selalu dapat diekspos ke dalam etalase, maka konsep zonase khusus bisa menjadi hal yang esensial.

Dengan keberadaan dari panel backdrop, partisi, lembaran kain, ataupun bidang lain yang dapat menghalangi visualisasi ruangan secara keseluruhan, maka akan menjadikan etalase dan aktivitas kerja tetap prima, seta dapat menjadi elemen dekoratif yang menunjang tampilan keseluruhan.

3. Detail produk yang khas dan menarik
Desain etalase yang baik ini tidak berarti harus mewah, namun yang terpenting adalah kreativitas seseorang dalam mengemas produk. Contohnya seperti cukup dengan sebidang dinding grafiti ditambah tempelan poster dan testimonial pengunjung dapat menjadikan etalase tersebut terlihat menarik yang diletakan di sebuah studio musik sewa yang memiliki target kaum muda.

Penambahan lampu yang menyorot dengan hamparan lilin dan bunga kering di atas tikar anyam pun akan terlihat apik untuk etalase sebuah spa. Satu sofa tunggu berwarna cerah atau meja kasir yang didesain unik juga dapat menjadi isi peragaan etalase yang atraktif. Apabila kreasi Anda berhasil, maka detail-detail unik ini pada akhirnya dapat menjadi simbol, logo, atau identitas dari usaha yang Anda miliki. Dan hal tersebut bisa menjadi pencapaian yang menyenangkan dan menguntungkan.*

Penulis : E. Kuswara

error: Content is protected !!