Si Manis Legit Kue Bingke Berendam, Menu Berbuka Puasa Favorit dari Pontianak

Koropak.co.id, 18 April 2023 07:05:40
Penulis : Muhamad Eris
Si Manis Legit Kue Bingke Berendam, Menu Berbuka Puasa Favorit dari Pontianak


Koropak.co.id, Kalimantan Barat - Indonesia memiliki beragam jenis kudapan yang tersebar hingga di seluruh penjuru Nusantara. Saat Ramadan tiba, kudapan berupa kue-kue pun kerap kali menjadi salah satu pilihan menu takjil ketika berbuka puasa. Lain daerah, tentunya lain juga ciri khas kulinernya. Termasuk juga soal makanan pilihan sebagai menu takjilnya. 

Seperti halnya di daerah Pontianak, Kalimantan Barat, kue juga menjadi salah satu pilihan untuk menu berbuka puasa yang tak pernah absen dan selalu ada untuk terhidang di meja makan. Namanya kue bingke atau bingke berendam. 

Karakteristik rasanya yang manis dan bertekstur lembut ketika dimakan, membuatnya menjadi kesukaan orang-orang Pontianak ketika waktu berbuka puasa tiba. Jika dilihat secara rupa, kue bingke memiliki warna kuning dengan bagian kulit luarnya yang kecoklatan. 

Biasanya, bingke ini dimasak menggunakan loyang besar berbentuk seperti bunga segi enam. Kemudian setelahnya, bingke yang sudah matang dipotong-potong sama rata mengikuti pola dari loyang. Bagi sebagian orang, boleh jadi tampilan kue serta tekstur pada kue ini mengingatkan pada kue lumpur. 

Sebenarnya, kedua makanan ini ternyata bisa dikatakan serupa. Sementara itu, mengapa kue ini dinamakan sebagai bingke berendam dikarenakan ketika kue ini disajikan, di bagian bawahnya itu kerap ada sedikit air manis bawaan dari adonannya. Sehingga, kue tradisional khas Pontianak ini terlihat layaknya sedang berendam.



Baca: Lezatnya Kue Asida, Takjil Andalan Masyarakat Maluku


Kue Bingke biasanya dibuat dari campuran tepung beras, santan, gula pasir, dan telur dengan proses memasaknya melalui dua tahap. Untuk tahap pertama di lakukan di atas kompor biasa, lalu tahap kedua menggunakan oven dengan waktu pemasakan selama satu jam.

Meskipun kue ini tidak hanya ada saat bulan Ramadan saja, akan tetapi ketika bulan puasa tiba, banyak orang-orang yang mulai menjajakannya khususnya di pasar-pasar daerah Pontianak. Kemudian menjelang waktu berbuka, pencari takjil pun akan segera memburu makanan ini untuk dimakan bersama-sama.

Kue bercitarasa manis dan gurih yang khas ini memiliki aroma harum yang menggugah selera. Seiring berjalannya waktu, kue bingke ini menjadi semakin populer. Kini, kue tersebut juga tak hanya dijual oleh pedagang kaki lima, akan tetapi juga bisa ditemukan di berbagai toko kue dan supermarket. 

Untuk rasa yang dijual juga bermacam-macam, seperti susu, keju, ubi, coklat, kacang hijau, jagung, hingga varian yang asin. Sementara untuk harga yang ditawarkan juga tergolong variatif, dan sesuai dengan jenis rasa yang ditawarkan. Yakni mulai dari Rp15 ribu. Selain itu, kue bingke juga saat ini sudah dijadikan oleh-oleh khas Pontianak yang banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung.


Silakan tonton berbagai video menarik di sini: