Koropak.co.id – Helm motocross memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan helm jenis lainnya, yakni pada bagian moncong. Lantas, mengapa desain helm motor trail meruncing ke depan di bagian mulut? Tidak sedikit yang mempertanyakan hal tersebut.
Guna memecahkan teka-teki tersebut, Kepala Toko Prime Gears sebagai Distributor Helm Arai (Cargloss Group), Imas Prayogo menjelaskan meruncingnya helm motocross di bagian mulut ini memiliki fungsi sebagai sirkulasi udara untuk penggunanya. Artinya, helm ini di desain agar udara yang keluar masuk bisa lebih optimal didapat oleh pengendara, tidak berembun, dan sesak.
“Karena penggunaan helm trail selalu bersangkutan dengan medannya yang menantang. Tentunya sangat menguras tenaga dan memacu adrenalin. Maka dari itu, pengguna dapat lebih sering menghirup dan membuang nafas dengan leluasa,” ucap Imas.
Selain itu, fungsi dari moncong tersebut melindungi bagian wajah yakni dagu dan gigi ketika berbenturan langsung dengan benda yang bisa berakibat fatal saat terjatuh. Helm trail ini pun tidak menggunakan visor, akan tetapi menggunakan kacamata khusus.
Pemilihan kacamata cross atau kacamata goggle dianggap lebih praktis dan mudah dibersihkan. Selain praktis, kacamata google juga di desain sedemikian rupa untuk melengkapi fungsi dari helm trail tersebut.
Perbedaan lain dari helm trail ini memiliki moncong yang panjang atau disebut pet helm. Akan tetapi tidak begitu banyak orang yang tahu apa fungsi dari komponen yang bentuknya menyerupai topi itu. Pet atau peak helm motocros sebenarnya tidak hanya melindungi dari sinar matahari saja.
Perwakilan X-Club Jakarta, sebagai spesialis riding gear motocross, Ario Sadewo menuturkan fungsi utama dari peak helm motocross adalah melindungi kacamata goggle dari semburan tanah yang terpental dari ban serta kotoran-kotoran lain saat berkendara.
“Terutama saat mengendarai motor dengan ban tanah atau pacul, sekalipun spark boardnya besar, namun cipratan tanah akan sering tersembur ke arah pengendara,” ucap Ario.
Jika kita perhatikan, kata Ario, biasanya pembalap motocross sering menundukkan kepalanya saat berada di belakang pembalap lain.
“Dengan kepala sedikit menunduk secara otomatis pet helm akan menahan semburan tanah dari ban belakang motor yang berada di depannya. Sedikit saran untuk keamanan selanjutnya, lebih diutamakan untuk menggunakan kacamata goggle yang memiliki kualitas serta dilengkapi tear-off atau roll-off,” kata Ario.*
Penulis : Dede Hadiyana