Asal Usul Kentang Mustofa, Menu Istana Favorit Soekarno

Koropak.co.id, 23 April 2024 15:29:01
Penulis : Admin


Koropak.co.id - Nama "kentang Mustofa" memiliki asal-usul yang erat kaitannya dengan Soekarno. Kentang goreng kering ini telah menjadi lauk yang familiar di meja makan. Kentang yang dipotong tipis menyerupai korek api ini digoreng hingga garing, lalu diberi bumbu. 

Rasanya yang lezat membuatnya cocok sebagai camilan atau lauk pendamping nasi. Apalagi olahan ini juga awet dan bisa disimpan hingga berbulan-bulan. cocok banget untuk jadi Besti anak kosan.

Kenapa bisa diberi nama Mustofa? Ternyata Mustofa adalah nama salah satu orang dekat dalam hidup Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno. 

Ternyata, Opo Mustofa adalah salah satu koki pribadi Soekarno yang bertugas melayani Presiden beserta keluarganya ketika mereka berkunjung ke Istana Cipanas. 



Baca: Kering Kentang Sering Disebut Mustofa, Kenapa?


Selain menjadi koki, Opo Mustofa juga dikenal dengan sebutan "mama kandang sapi" karena tinggal di Kampung Kandang Sapi, Cianjur. Selain sebagai koki, dia juga seorang ulama yang dihormati oleh masyarakat dan para pejuang.

Sebagai seorang koki yang tidak suka berbuat mubazir, Mustofa gemar memanfaatkan sisa olahan jadi menu makanan baru. Ketika ada sisa kentang yang tersisa, Mustofa pun berkreasi dan menghasilkan stik kentang tipis dan renyah tersebut. Ternyata, Soekarno menyukai kreasi baru sang koki ini.

Kemudian, pada suatu waktu, Soekarno merasa ada yang kurang dari menu makanannya, dan ternyata menu kering kentang itu belum disajikan. Soekarno pun bertanya, "Kentang Mustofa mana?" 

Sejak saat itulah, olahan tersebut dikenal dengan julukan "kentang Mustofa" dan mulai dikenal oleh masyarakat di luar istana. Tidak heran jika menu ini menjadi favorit, karena kentang buatan Mustofa, Numero Uno!



Baca juga: Alasan Orang Indonesia Suka Serba Gorengan